Tipe-tipe Orang yang Gampang Jadi Korban Penipuan Siber

Kamis, 28 Oktober 2021 22:50
Tipe-tipe Orang yang Gampang Jadi Korban Penipuan Siber

Ilustrasi penipuan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh para penipu siber untuk menjebak korban sehingga akun dan kata kunci mereka diretas dan menyebabkan kerugian. Penipu akan memanfaatkan celah-celah yang ada untuk menjebak korban.

Konsultan keamanan siber Teguh Aprianto mengemukakan pengguna yang tidak teliti, gagap teknologi serta sedang teralihkan perhatiannya rentan untuk menjadi korban penipuan siber. Itulah mengapa sebetulnya orang yang betul-betul melek soal keamanan digital juga bisa menjadi korban bila konsentrasinya sedang terpecah.

“Pengguna yang selalu mengecek kembali dan bisa mendeteksi penipuan akan lebih aman dari celah penipuan,” katanya dalam konferensi pers daring, Kamis (28/10).

Pendiri Ethical Hacker ini menjelaskan cara-cara yang dilakukan penipu untuk merampas akun korban. Cara pertama adalah phising di mana korban dijebak dengan menggunakan halaman login palsu yang dibuat mirip dengan halaman login asli. Pengguna yang tidak teliti dan mengisi data di halaman palsu tersebut bisa jadi korban karena data penting itu sebetulnya dimanfaatkan oleh penipu.

Bagikan berita ini:
5
6
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar