Tambang Emas Longsor, Enam Penambang Tewas Tertimbun

Jumat, 29 Oktober 2021 13:56
Tambang Emas Longsor, Enam Penambang Tewas Tertimbun

Jenazah enam penambang tradisional yang meninggal akibat tertimbun longsor di Desa Tumbang Torung Kecamatan Bukit Santuai,Kotawaringin Timur, Kamis (28/10/2021). ANTARA/HO-BPBD Kotim

FAJAR.CO.ID, KOTAWARINGIN TIMUR – Sebanyak enam orang penambang ditemukan tewas di sebuah lokasi penambangan emas. Mereka merupakan penambang emas tradisional.

Para penambang tersebut tewas di lokasi penambangan Desa Tumbang Torung, Bukit Santuai, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

“Informasi yang kami dapat, ada enam orang meninggal dunia. Semua sudah ditemukan,” ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kotawaringin Timur (Kotim) Rihel di Sampit, Jumat (29/10).

Informasi sementara menyebut peristiwa nahas terjadi pada Kamis (28/10) diperkirakan sekitar pukul 12.00 WIB. Saat itu ada 11 orang yang sedang menambang emas di lokasi itu.

Beberapa saat sebelum kejadian, lokasi tempat para korban mencari emas sedang dilanda hujan. Belum diketahui persis kronologi kejadiannya, tetapi diduga hujan menyebabkan tanah menjadi labil.

Tanah yang makin labil akibat diguyur hujan akhirnya longsor dan menimpa para penambang.

Dari 11 orang penambang, sebanyak enam orang tertimbun longsor, sedangkan lima orang lainnya selamat. Enam orang penambang yang tertimpa longsor itu berhasil ditemukan beberapa saat kejadian, tetapi sudah dalam kondisi meninggal dunia.

Bagikan berita ini:
2
9
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar