Tanggapi Pernyataan Hasto, JK Buka Suara Soal Gaya Kepemimpinan SBY dan Jokowi

Jumat, 29 Oktober 2021 15:23
Tanggapi Pernyataan Hasto, JK Buka Suara Soal Gaya Kepemimpinan SBY dan Jokowi

Jusuf Kalla.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Wakil Presiden (Wapres) Indonesia kesepuluh dan keduabelas, Jusuf Kalla angkat suara terkait gaya kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Hal itu sebagai respons atas pernyataan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto yang menyebut pada era Presiden SBY banyak rapat tetapi tidak ada keputusan.

JK sendiri punya pengalamannya yang panjang sejak era pemerintahan Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Megawati Soekarnoputri, hingga mendampingi dua presiden selaku Wapres, Presiden SBY dan Presiden Jokowi.

JK mengatakan setiap pemimpin punya gaya tersendiri. termasuk 7 Presiden Republik Indonesia sejak Indonesia merdeka.

“Pak Harto berbeda dengan Bung Karno, Pak Habibie berbeda dengan Gus Dur, Ibu Megawati berbeda dengan Pak SBY dan juga Pak Jokowi,” kata JK melalui pernyataan resmi yang diterima Fajar.co.id, Jumat (29/10/2021).

Soal gaya SBY dan Jokowi, JK bilang masing-masing dalam mengambil keputusan dan cara rapat yang tiap tahun jumlahnya hampir sama. Ada yang ambil keputusan langsung dalam rapat, ada yang dirapatkan lagi sampai tuntas. Di zaman SBY beberapa keputusan penting diambil dalam rapat, seperti mengurangi defisit APBN tahun 2005 dengan menaikkan harga BBM sebesar 126%, terbesar dalam sejarah, tanpa demo karena langsung dibarengi dengan BLT. Begitu juga konversi minyak tanah ke LPG diputuskan dalam sidang kabinet tahun 2006 sehingga defisit APBN terjaga dengan aman. “Keputusan pembangunan infrastruktur dengan kerangka konektivitas disetujui di kabinet dan banyak lagi sehingga pertumbuhan ekonomi dapat dicapai,” sebut JK.

Bagikan berita ini:
4
4
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar