Kewenangan DPD RI Rendah, Tamsil Linrung: Belum Membawa Manfaat Terhadap Daerah

Sabtu, 30 Oktober 2021 18:05
Kewenangan DPD RI Rendah, Tamsil Linrung: Belum Membawa Manfaat Terhadap Daerah

IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Fungsi dan kedudukan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI perlu penguatan. Agar dapat memberikan manfaat untuk daerah.

Ketua Kelompok DPD RI di MPR RI, Tamsil Linrung, menganggap peran DPD RI sangat lemah, Sehingga tidak begitu membawa manfaat strategis dalam penguatan sebagai representasi daerah di Indonesia.

Kata Tamsil, dalam lembaran negara tinggi, kedudukannya sama seperti DPR RI, tetapi kewenangan rendah yang akan menjadi kelemahan demokrasi.

“Jadi dia (DPD) hanya ikut berdiskusi, ikut rapat, seperti LSM (lembaga swadaya masyarakat), tapi tidak memutuskan,” tegas Tamsil Linrung pada acara TOT Empat Pilar MPR RI di Novotel Makassar, Sabtu, (30/10/2021).

Mantan Anggota DPR RI tiga periode itu mengungkapkan perlunya di DPR untuk mendorong penguatan DPD, mulai statusnya dibuat jelas. Perannya tidak perlu kewenangan semua seperti DPR. Tetapi kewenangan di UU terkait representasi penguatan daerah diberikan ke DPD.

Ia juga mendorong para akademisi untuk berpendapat terkait penguatan DPD. Supaya keterwakilan DPD di pusat yang mewakili teritorial daerah dirasakan perannya oleh daerah.

Bagikan berita ini:
6
7
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar