Ancaman Pemulihan Ekonomi Dunia, Sri Mulyani: Indonesia Perlu Waspada Terjadinya Rembesan Hal Tersebut

Minggu, 31 Oktober 2021 18:59
Ancaman Pemulihan Ekonomi Dunia, Sri Mulyani: Indonesia Perlu Waspada Terjadinya Rembesan Hal Tersebut

Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ada empat aspek yang menjadi ancaman bagi pemulihan ekonomi dunia dari dampak pandemi COVID-19. Yaitu akses vaksin, inflasi, krisis energi, dan disrupsi suplai komoditas. Hal ini berpotensi memicu adanya inflasi tinggi di berbagai negara. Keempat aspek tersebut disoroti oleh sejumlah negara G20 dalam pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Roma, Italia.

“Ini terjadi di seluruh di negara-negara yang pemulihannya sangat cepat. Namun kemudian muncul komplikasi dalam bentuk kenaikan harga komoditas, krisis energi dan supply disruption,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers terkait Pertemuan G20 secara virtual, Minggu (31/10).

Dia Mulyani menjelaskan akses terhadap vaksin COVID-19 belum merata di seluruh dunia. Sebab, masih ada negara yang tingkat vaksinasinya kurang dari 3 persen. Seperti negara-negara di Afrika.

Terlebih lagi, rata-rata vaksinasi di negara-negara miskin baru 6 persen dari jumlah penduduknya. Sedangkan negara-negara maju sudah di atas 70 persen. Bahkan mendekati 100 persen dan telah melakukan boosting vaksin COVID-19.

Bagikan berita ini:
7
7
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar