DKI Jakarta Potensi Dilanda Cuaca Ekstrem, Warga Diminta Waspada hingga 6 November

Senin, 1 November 2021 09:19
DKI Jakarta Potensi Dilanda Cuaca Ekstrem, Warga Diminta Waspada hingga 6 November

Ilustrasi hujan lebat (foto radar tegal)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Warga DKI Jakarta diimbau untuk mewaspadai cuaca ekstrem hingga 6 November 2021 dengan potensi hujan sedang dan deras disertai petir dan angin kencang.

Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hasil analisis kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya potensi belokan dan perlambatan angin.

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem,” tulis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melalui akunnya di Twitter @BPBDJakarta, Minggu.

Potensi belokan dan perlambatan angin dapat meningkatkan pola konektivitas, diprediksi aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), aktifnya gelombang Rossby, dan gelombang Kelvin serta dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan.

Adapun potensi cuaca ekstrem yakni hujan secara sporadis, deras dan durasi singkat, disertai petir dan angin kencang, bahkan hujan es yang dapat berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi.

Bencana hidrometeorologi itu berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana.

Bagikan berita ini:
9
10
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar