Rujak Cingur Jadi Warisan Budaya Asli Surabaya

Senin, 1 November 2021 16:31
Rujak Cingur Jadi Warisan Budaya Asli Surabaya

SEDAP: Penjual rujak cingur sedang mengulek bumbu di atas layah besar. Makanan khas Surabaya itu kini ditetapkan sebagai WBTB. (Frizal/Jawa Pos)

FAJAR.CO.ID, SURABAYA — Kuliner Surabaya memang tiada duanya. Salah satunya adalah rujak cingur yang sudah misuwur di mana-mana. Pantas jika sekarang makanan itu mendapat predikat warisan budaya tak benda (WBTB) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi kembali menetapkan 289 warisan budaya tak benda (WBTB). Predikat itu didasarkan pada sidang penetapan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek bersama Tim Ahli Warisan Budaya. Dengan penambahan tersebut, total ada 1.528 WBTB di seluruh Indonesia.

Salah satu kuliner khas Surabaya termasuk satu di antara 289 nama WBTB tersebut. Rujak cingur berhasil ditetapkan sebagai warisan budaya asli dari Kota Pahlawan. Hal itu tentu memberikan kebanggaan tersendiri bagi warga Surabaya.

Kepala Dinas Pariwisata (Disparta) Surabaya Antiek Soegiharti membenarkan hal tersebut. Rujak cingur asal Surabaya ditetapkan sebagai WBTB dalam sidang penetapan warisan budaya tak benda.

”Alhamdulillah, benar begitu. Sidangnya dilaksanakan pada Jumat (29/10) sore lalu,’’ terang Antiek.

Bagikan berita ini:
2
1
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar