Inflasi Indonesia Tetap Stabil, Pemerintah Jamin Pasokan Dalam Negeri

Selasa, 2 November 2021 13:30
Inflasi Indonesia Tetap Stabil, Pemerintah Jamin Pasokan Dalam Negeri

Aktivitas bongkar muat di pelabuhan peti kemas di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar. FOTO: IDHAM AMA/FAJAR

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Pada penghujung Oktober 2021, inflasi Indonesia tetap terkendali dan stabil di tengah pemulihan ekonomi domestik, dan terjadinya kenaikan inflasi di sejumlah negara di dunia. Realisasi inflasi Oktober 2021 sebesar 0,12% (mtm); 1,66% (yoy); 0,93% (ytd) atau sedikit di bawah rentang target yang ditetapkan.

Sementara itu, kenaikan inflasi di beberapa negara lain dipicu adanya disrupsi rantai pasok global dan harga energi yang meningkat akibat keterbatasan suplai. Tercatat, inflasi Amerika Serikat dan Euro Area meningkat masing-masing sebesar 5,4% (yoy) dan 4,1% (yoy) pada September 2021.

Stabilnya angka inflasi juga disokong oleh membaiknya kondisi di sektor kesehatan, sehingga aktivitas masyarakat kembali bergerak dan konsumsi kembali meninggi. Dalam sebulan terakhir, Pemerintah telah menurunkan level PPKM hampir di seluruh daerah seiring melandainya jumlah kasus Covid-19.

Pelonggaran status level PPKM ini mengakibatkan peningkatan penggunaan moda transportasi, khususnya angkutan udara, untuk menunjang aktivitas dan mobilitas masyarakat yang semakin gencar seperti sediakala.

Bagikan berita ini:
9
9
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar