Stafsus Menkeu Diduga Sebar Hoaks, Staf Ahli Menkominfo Bilang Tidak Langgar Hukum

Selasa, 2 November 2021 11:52
Stafsus Menkeu Diduga Sebar Hoaks, Staf Ahli Menkominfo Bilang Tidak Langgar Hukum

Henry Subiakto

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika, Henry Subiakto membela juru bicara Menteri Ekonomi, Prastowo Yustinus yang dinilai telah menyebar hoaks alias informasi salah di media sosial twitter-nya, @prastow.

Menurut Henry Subiakto, informasi hoaks yang disebar oleh Prastowo Yustinus di Twitter-nya, tidak melanggar hukum. Sebab Prastowo tidak sengaja melalukan itu dan tidak berniat membuat keonaran publik.

“Hoax yang dibuat dengan sengaja, direncanakan dan disebar agar terjadi keonaran di masyarakat, itu melanggar pasal dan sangat beda dengan yang salah share, atau salah persepsi. Apalagi isinya bukan untuk ciptakan keonaran. Yang satu melanggar pasal pidana. Satunya tidak ada pasal dilanggar,” ujar Henry Subiakto, Selasa (2/11/2021).

Guru besar Universitas Airlangga ini melanjutkan, suatu perbuatan yang berbeda dari sisi kesengajaan, konsekuensi, maupun aturan hukumnya, jangan dipaksa-dipaksakan untuk dianggap sama.

“Kebenaran hukum, tidak boleh dipengaruhi oleh tekanan opini siapapun dan berapapun” ungkapnya.

Henry menilai bahwa ada pihak yang sengaja menuduh dan mem-bully Prastowo sebagai penyebar hoaks. Padahal berbeda. Prastowo hanya khilaf.

Bagikan berita ini:
1
5
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar