Cegah Penyalahgunaan Narkoba, 700 Pegawai KPK Jalani Tes Urine

Rabu, 3 November 2021 10:27
Cegah Penyalahgunaan Narkoba, 700 Pegawai KPK Jalani Tes Urine

Ilustrasi pegawai KPK. Foto: Ricardo/JPNN.com

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Inspektorat bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) menyelenggarakan kegiatan tes urine atau urinalisis bagi para pegawainya. Pemeriksaan urine ini dilakukan terhadap 700 pegawai yang dipilih secara sampling.

Pengambilan dan pemeriksaan urine ini juga diikuti oleh Pimpinan KPK Firli Bahuri dan Nawawi Pamolango.

Inspektur KPK Subroto menjelaskan, tes urine ini bertujuan untuk mendeteksi kandungan narkotika dengan menggunakan metode pemeriksaan urine terhadap pegawai.

“Sehingga kita bisa melakukan mitigasi dan pencegahan secara lebih awal agar tidak terjadi penyalahgunaan narkotika di lingkungan KPK,” kata Subroto dalam keterangannya, Rabu (3/11).

Pelaksanaan urinalisis ini juga merupakan implementasi kepatuhan terhadap Peraturan Badan Narkotika Nasional RI Nomor 11 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Tes Urine Narkotika untuk Deteksi Dini.

Pelaksanaan tes urine narkotika untuk deteksi dini bertujuan selain untuk mengetahui kandungan narkotika dalam tubuh, juga sebagai sarana edukasi kepada masyarakat, peningkatan kepedulian dan kewaspadaan terhadap penyalahgunaan narkotika, serta mendorong masyarakat untuk berorientasi mewujudkan lingkungan yang bersih dari penyalahgunaan narkotika.

Bagikan berita ini:
7
6
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar