Fenomena Hujan Guyur Satu Mobil di Area Parkir Hotel, BMKG Bilang Ini

Rabu, 3 November 2021 11:56
Fenomena Hujan Guyur Satu Mobil di Area Parkir Hotel, BMKG Bilang Ini

Hujan tampak hanya mengguyur sebuah mobil di area parkir salah satu hotel di Kabupaten Bekasi, Minggu (31/10). Foto: Instagram/bekasi_24_jam

FAJAR.CO.ID. JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan penjelasan soal video fenomena hujan hanya mengguyur sebuah mobil di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, yang viral di media sosial.

Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG Miming Saepudin mengatakan hujan di area sempit sebagaimana hanya mengguyur satu mobil itu sangat kecil kemungkinan terjadi.

“Hujan yang terjadi hanya pada area yang sangat sempit (di atas satu mobil) dengan diameter butiran air yang jatuh cukup besar secara logika dan teori sangat kecil kemungkinan terjadi,” kata Miming dalam keterangan tertulis, Rabu (3/11).

“Hal ini dikarenakan diamater awan kumulonimbus yang menghasilkan hujan seperti pada video umumnya memiliki diameter beberapa puluh hingga ratusan kilometer,” sambung Miming.

Miming menjelaskan hujan pada umumnya terjadi ketika awan sudah cukup matang. Adapun jika proses kondensasi pada awan cukup kuat, maka akan menghasilkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dengan diameter butiran air yang besar pada area yang luas.

Bagikan berita ini:
3
6
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar