Masyarakat Adat Komitmen Jaga Kelestarian Alam Papua

Rabu, 3 November 2021 09:57
Masyarakat Adat Komitmen Jaga Kelestarian Alam Papua

FAJAR.CO.ID, PAPUA — Alam yang tumbuh subur dan menjadi surga bagi masyarat adat Papua tak lepas dari mereka yang begitu menghargai dan melesarikan alamnya ditangannya sendiri, masyarakat adat Papua.

Masyarakat Kabupaten Kerom, Kosmas Boryam menceritakan selama ini ia hidup ditanah yang begitu subur dan kaya. Namun perlahan kekayaan itu hilang. Alamnya kian tak dapat dikuasai lagi. Kosmas butuh uluran pemerintah dan para pemegang kebijakan membantu mengembalikan alamnya yang rindang dan tumbuh subur.

Pemerintah agar bisa mendorong dan membantu kami untuk meningkatkan kesejahteraan kami melalui komuditas yang ada di lingkungan kami yaitu cokelat dan vanili. Kita berharap peerhatian pemerintah terhadap masyarakat adat.

Katanya, dulu Kebun kelapa sawit sangat masif disini, perlahan hutan itu ditebas dan tidak pernah ada ganti rugi ke pemiliknya.

” Hutan sudah hancur, bukan kami. Justru kami sangat menjaga alam kami. Dari adat kita rancang untuk harus betul-betul lindungi hutan kami. Kami dari lembaga adat kami sudah punya bayangan kedepan untuk lebih serius dalam menjaga alam mulai dari kampung hingga ke bagian terkecil bergerak menjaga alam,” katanya.

Bagikan berita ini:
1
7
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar