KTT COP26, 190 Negara dan Organisasi Komitmen Hentikan Penggunaan Batu Bara

Kamis, 4 November 2021 13:25
KTT COP26, 190 Negara dan Organisasi Komitmen Hentikan Penggunaan Batu Bara

Ilustrasi batu bara

FAJAR.CO.ID, GLASGLOW– Pengguna batu bara utama termasuk Polandia, Vietnam dan Chili berkomitmen untuk beralih dari bahan bakar fosil, dalam janji yang dibuat pada KTT iklim COP26, kata pemerintah Inggris.

Tetapi beberapa negara yang bergantung pada batu bara terbesar di dunia, termasuk Australia, India, China, dan AS, tidak menandatangani janji tersebut.

“Dunia sedang bergerak ke arah yang benar, berdiri siap untuk menutup nasib batu bara dan merangkul manfaat lingkungan dan ekonomi dari membangun masa depan yang didukung oleh energi bersih.”

Lebih dari 40 negara telah menandatangani pernyataan tersebut. Polandia, Vietnam, dan Chili termasuk di antara 18 negara yang setuju untuk menghentikan dan tidak membangun atau berinvestasi dalam pembangkit listrik tenaga batu bara baru untuk pertama kalinya.

Meskipun kemajuan telah dicapai untuk mengurangi penggunaan batu bara secara global, namun masih menghasilkan sekitar 37% dari listrik dunia tahun 2019.

Juan Pablo Osornio, kepala delegasi Greenpeace di COP26, mengatakan: “Secara keseluruhan pernyataan ini masih jauh dari ambisi yang dibutuhkan untuk bahan bakar fosil dalam dekade kritis ini.”

Bagikan berita ini:
9
7
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar