Banjir Bandang, BNPB: Tetapkan Status Darurat Bencana di Kota Batu

Sabtu, 6 November 2021 10:29
Banjir Bandang, BNPB: Tetapkan Status Darurat Bencana di Kota Batu

Anggota Polisi dan TNI berusaha mengamankan sebuah mobil yang terperosok akibat banjir bandang di Bulukerto, Kota Batu, Jawa Timur, Jumat (5/11/2021). ANTARA FOTO/Zabur Karuru/hp.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pemerintah Kota Batu sebaiknya menetapkan status tanggap darurat menyusul bencana banjir bandang yang terjadi.

Hal tersebut disarankan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang melihat perlu adanya status darurat bencana dari banjir bandang yang telah menewaskan enam orang warga tersebut.

Sekretaris Utama BNPB Lilik Kurniawan di Jakarta, Jumat (5/11) mengatakan dalam dua minggu ke depan, perlu adanya status darurat bencana.

“Pemkot Batu juga perlu membentuk klaster-klaster pendukung percepatan penanganan dampak banjir bandang ini,” ujarnya.

Klaster tersebut nantinya akan berguna untuk pencarian, mengurus pengungsi, logistik, dapur umum, kesehatan dan lain sebagainya.

Lilik juga mengimbau pihak pemkot terus meningkatkan kesiapsiagaan. Hal ini guna mengantisipasi kemungkinan terjadi bencana susulan

“Hujan akan terus terjadi sampai Desember, bahkan Januari masih akan turun hujan. Harus ada sistem peringatan dini yang dibangun,” terangnya. (antara/mcr17/jpnn)

Bagikan berita ini:
7
4
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar