Soal Kecelakaan di Tol Jombang yang Tewaskan Vanessa Angel dan Suami, Pakar Teknik Ungkap Hal Ini

Sabtu, 6 November 2021 08:30
Soal Kecelakaan di Tol Jombang yang Tewaskan Vanessa Angel dan Suami, Pakar Teknik Ungkap Hal Ini

Mobil vanessa angel kecelakaan di Tol Jombang-Kertosono, Jawa Timur

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Pakar Teknik Infrastruktur Sipil ini mengungkap yang biasanya sulit dikontrol di jalan tol itu batas kecepatan. Nginjak pedal gas dalam kecepatan 100 km/jam serasa lambat.

Kecelakaan di Tol Jombang yang menewaskan Vanessa Angel dan suaminya memunculkan spekulasi bahwa tol di Indonesia tidak aman.

Dosen Departemen Teknik Infrastruktur Sipil, Fakultas Vokasi ITS, Dr Machsus ST MT, justru membantah anggapan tersebut.

Menurutnya, setiap perkerasan jalan, resistance dan gesekannya berbeda-beda. Tapi ketika digunakan untuk perkerasan jalan, semestinya sudah memenuhi standar minimal layak uji fungsi.

“Sesungguhnya tidak ada persoalan dengan itu. Sudah memenuhi standar minimal, tidak mungkin kalau tidak memenuhi lalu digunakan,” jelas Machsus, Jumat (5/11/2021).

“Faktualnya hampir seluruh jalan tol menggunakan perkerasan beton semen. Dan di mana-mana juga begitu, bukan hanya di Indonesia. Agak berlebihan kalau itu dijadikan suatu alasan utama untuk kecelakaan,” katanya.

“Kalau tol untuk kecepatan rendah gimana? Agak unik pernyataannya. Namanya jalan bebas hambatan itu didesain dengan kecepatan rencana jalan itu variatif,” katanya.

Bagikan berita ini:
10
9
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar