BNPB Peringatkan Potensi Bencana Banjir dan Longsor di Sejumlah Daerah

Senin, 8 November 2021 23:54
BNPB Peringatkan Potensi Bencana Banjir dan Longsor di Sejumlah Daerah

Ilustrasi: Banjir (AGUS PRAMONO/KALTENG POS )

FAJAR.CO.ID,JAKARTA — Bencana hidrometeorologi mengancam akibat kenaikan intensitas curah hujan. Sejumlah wilayah dilaporkan telah mengalami bencana banjir dan longsor.

Ancaman bencana itu meningkat akibat fenomena alam La Nina yang datang bersamaan dengan masa puncak musim hujan di Indonesia. La Nina diprediksi bakal terjadi hingga Januari-Februari 2022.

”Fenomena La Nina sendiri memicu peningkatan frekuensi dan intensitas curah hujan hingga 70 persen,” papar Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Minggu (7/11).

Ada beberapa daerah di Indonesia yang dilaporkan mengalami banjir. Misalnya, Aceh Tenggara, Kabupaten Sintang, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bandung Barat, dan sebagian Jakarta.

Muhari mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi mengenai kondisi cuaca dari BMKG setiap hari. Sebagai upaya mencegah jatuhnya korban, BNPB pun selalu memberikan peringatan dini kepada masyarakat. Namun, perlu diketahui kapan saatnya mengevakuasi masyarakat pada kondisi hujan deras. Salah satunya, ketika hujan sangat deras terjadi lebih dari satu jam dan jarak pandang kurang dari 30 meter.

Bagikan berita ini:
6
1
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar