DKI Jakarta Mulai Dilanda Banjir, BPBD Memegang Tiga Kata Kunci

Selasa, 9 November 2021 14:06
DKI Jakarta Mulai Dilanda Banjir, BPBD Memegang Tiga Kata Kunci

Sejumlah warga beraktivitas saat banjir merendam pemukiman di kawasan Kebon Pala, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (8/11/2021). Intensitas hujan yang tinggi serta meluapnya sungai Ciliwung membuat sejumlah wilayah di Ibu Kota terendam banjir. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Masyarakat DKI Jakarta mulai harus waspada akan potensi datangnya banjir. Dengan intensitas hujan yang mulai meninggi, genangan sempat muncul beberapa hari lalu di banyak lokasi. Bahkan tercatat setidaknya ada 67 RT yang terendam.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebut, Jakarta secara topografis berada di dataran yang rendah. Terdapat 3 front yang dihadapi, bahkan bisa terjadi secara bersamaan.

Front pertama di sisi pesisir utara Jakarta, terdapat ancaman rob dan kenaikan muka air laut. Front kedua di sisi selatan Jakarta terdapat 13 sungai yang melewati kota Jakarta yang dapat meluap jika terjadi hujan di hulu sungai. Front ketiga di dalam kota, potensi curah hujan yang tinggi. Jakarta pernah menghadapi curah hujan 377 mm/hari pada 1 Januari 2020.

“Dalam menghadapi musim hujan, Pemprov DKI Jakarta memegang tiga kata kunci, yaitu SIAGA TANGGAP GALANG,” kata Kapusdatin BPBD DKI Jakarta, Insaf saat dihubungi JawaPos.com, Selasa (9/11)

Bagikan berita ini:
6
10
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar