Luhut Panjaitan Ungkap Pemerintah akan Berikan Insentif untuk Industri Farmasi

Selasa, 9 November 2021 11:24
Luhut Panjaitan Ungkap Pemerintah akan Berikan Insentif untuk Industri Farmasi

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan berharap ada oposisi yang konstruktif, yang membantu mengawasi jalannya pemerintahan Jokowi periode kedua. (dok. JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan bahwa pemerintah akan mengeluarkan insentif untuk industri farmasi. Tujuannya untuk menyiapkan kawasan industri sektor farmasi agar tercipta ekosistem produksi yang lebih baik.

“Kami juga berencana memberikan insentif seperti tax holiday yang lebih menarik,” ujarnya dalam acara webinar dikutip, Selasa (9/11).

Luhut menyebut, hingga saat ini Indonesia belum mencapai kemandirian di sektor kesehatan. Padahal, kemandirian kesehatan sangat penting dalam pemenuhan pengobatan dalam negeri. Apalagi, setelah mengalami pandemi Covid-19, yang memberi pelajaran dimana Indonesia harus berebut dalam pemenuhan obat dan alat kesehatan dalam menangani pandemi.

“Sudah kita alami betapa pedihnya kalau kemandirian kesehatan ini tidak ada. Khususnya dalam menghadapi keadaan Covid-19 yang lalu, pandemi ini telah mengajarkan kita suatu pelajaran sangat-sangat berharga,” ungkapnya.

Luhut bercerita, kesulitan dalam mendapatkan obat dan vaksin Covid-19 menjadi pengalaman pahit karena masing-masing negara produsen mengutamakan kepentingan warganya terlebih dahulu.

“Kita sulit memperoleh supply vaksin meskipun sudah ada perjanjian penjawadalan misalnya dari India waktu itu. Oleh karena itu kita harus membangun untuk sektor kesehatan ini, tidak bisa mengandalkan supply dari luar negeri,” tegasnya.

Bagikan berita ini:
4
5
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar