Peneliti UGM Beber Empat Faktor Penyebab Kecelakaan Kendaraan di Jalan Tol

Selasa, 9 November 2021 14:03
Peneliti UGM Beber Empat Faktor Penyebab Kecelakaan Kendaraan di Jalan Tol

Ilustrasi kecelakaan di jalan tol (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JOGJAKARTA — Peneliti Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta Iwan Puja Riyadi mengungkapkan empat faktor yang kerap menjadi penyebab kecelakaan kendaraan di jalan bebas hambatan atau jalan tol.

”Kecelakaan yang terjadi pada umumnya tidak hanya disebabkan oleh satu faktor melainkan hasil interaksi antarfaktor,” kata Iwan seperti dilansir dari Antara di Jogjakarta.

Empat faktor yang dimaksud Iwan yakni pengemudi, kendaraan, lingkungan jalan, serta cuaca. Faktor pengemudi yang bisa menjadi penyebab kecelakaan, misalnya kondisi pengemudi yang sedang mengantuk, tidak fokus, atau kelelahan, menyetir di bawah pengaruh obat-obatan, narkotika, alkohol, atau menyetir sambil melihat gawai baik telepon genggam atau tablet.

Selain itu, lanjut dia, kecelakaan bisa disebabkan pengemudi yang belum menguasai teknik menyetir, atau melakukan kesalahan bereaksi saat menyetir baik panik atau reaksi yang terlalu lambat. ”Hal yang penting adalah mengutamakan konsentrasi penuh sang pengemudi sebelum berkendara,” ujar Iwan.

Dia mengatakan, seorang pengemudi yang berkendara di jalan bebas hambatan harus mampu mengontrol laju kendaraan. Sebab, selama ini banyak kecelakaan terjadi lantaran pengemudi melajukan mobilnya melebihi batas kecepatan yang diperbolehkan sehingga kehilangan kendali.

Bagikan berita ini:
10
2
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar