Garuda Indonesia Tutup Sejumlah Rute Penerbangan, dari 237 Tersisa 140

Rabu, 10 November 2021 19:36
Garuda Indonesia Tutup Sejumlah Rute Penerbangan, dari 237 Tersisa 140

ILUSTRASI. (int)

FAJAR.CO.ID — Maskapai pelat merah PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) terus berupaya dalam memperbaiki kinerja keuangannya, salah satunya dengan menutup rute-rute yang kurang menguntungkan. Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, selama ini perseroan juga banyak mengalami tekanan pembukaan rute.

“Kalau tak untung kami tutup. Mohon maaf. Ini kami tegas termasuk ke Pemda dan Gubernur,” ungkapnya dalam rapat dengar pendapat bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dikutip, Rabu (10/11).

Rencananya, perseroan akan memangkas jumlah rute yang beroperasi dari 237 rute menjadi hanya 140 rute. Irfan mengaku, selama ini perseroan menanggung sejumlah rute-rute yang tidak menguntungkan. Bahkan hal itu menjadi salah satu penyebab faktor kerugian.

Irfan mengungkapkan, pendapatan yang diperoleh maskapai dari rute-rute tertentu ternyata tidak sebanding dengan biaya operasional yang dikeluarkan. Selain itu, maskapai negara dengan pelayanan penuh tersebut menilai juga ada dua jenis pesawat yang membuat perseroan merugi, yaitu Bombardier CRJ dan ATR.

Di sisi lain, Irfan menyebut, terdapat peluang bagi penambahan pendapatan perseroan yang berasal dari rute-rute yang memiliki volume kargo potensial meskipun minim penumpang.

Bagikan berita ini:
2
6
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar