Yan Mandenas Kecam Penembakan Warga Sipil di Papua

Kamis, 11 November 2021 09:38
Yan Mandenas Kecam Penembakan Warga Sipil di Papua

Aanggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Yan Permenas Mandenas. Foto: Humas DPR RI

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Dapil Papua Yan Mandenas mengecam kasus penembakan kepada warga sipil di Papua. Menurut Ya, kasus terakhir terjadi di Kampung Mamba, Intan Jaya pada 9 November 2021.

Seorang ibu menjadi korban dengan dua tembakan dengan sasaran pelipis dan pinggang hingga tembus ke perut.

Berdasarkan informasi dari salah seorang saksi yang dilansir salah satu media online menyebutkan ada dugaan pelaku penembakan ini adalah oknum TNI.

“Jika benar penembakan itu dilakukan oknum TNI, maka ini menjadi bukti dari belum profesionalnya TNI dalam menangani persoalan keamanan di Papua,” tegas Yan Mandenas dalam siaran pers pada Kamis (11/11/2021).

Yan menilai kasus penembakan kepada warga sipil bukan kali pertama terjadi. “Banyak warga sipil Papua menjadi korban. Masih tersimpan dalam ingatan kasus Pendeta Yeremia, Janius Bagau, dan anak-anak remaja Papua yang juga meninggal karena ditembak oknum TNI,” ujar Jan.

Perkumpulan Advokat Hak Asasi Manusia (PAHAM) dan Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) mencatat sepanjang Januari hingga Desember 2020 terjadi 63 peristiwa kekerasan militer (TNI/Polri) yang mengakibatkan 304 warga sipil di Provinsi Papua maupun Papua Barat menjadi korban.

Bagikan berita ini:
3
5
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar