Jamiluddin Ritonga Beber Daftar Menteri yang Layak Dicopot Berikut Alasannya

Jumat, 12 November 2021 11:23
Jamiluddin Ritonga Beber Daftar Menteri yang Layak Dicopot Berikut Alasannya

Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga. Foto: Dokpri for jpnn.com.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pengamat komunikasi politik Jamiluddin Ritonga menyatakan banyak menteri di Kabinet Joko Widodo-Ma’aruf Amin layak untuk dicopot.

Hal ini lantaran banyak pembantu presiden itu yang memiliki kinerja rendah, pembuat gaduh, dan memanfatkan jabatan untuk meningkatkan elektabilitas. Jamiluddin bahkan memberikan daftar menteri yang layak dicopot.

“Menteri yang berkinerja rendah sebenarnya banyak. Di antaranya Menaker Ida Fauziyah, Menkominfo Johnny Gerard Plate, Mentan Syahrul Yasin Limpo, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo, dan Menkes Budi Gunadi Sadikin,” kata Jamiluddin kepada JPNN.com, Jumat (12/11).

Dosen Universitas Esa Unggul itu menjelaskan Menaker Ida Fauziyah tidak ada solusi yang mumpuni dalam mengatasi tingginya pengangguran di Indonesia akibat dampak pandemi COVID-19.

“Pengangguran terus bertambah akibat tidak seimbangannya permintaan dengan lowongan kerja yang tersedia,” jelasnya.

Sementara Menkes Budi Gunadi Sadikin, menurut Jamiluddin, tidak cukup menonjol dalam penanganan COVID-19 dan perannya diambil alih oleh menteri yang lain. “Nyatanya, peran itu justru diambil Luhut Binsar Panjaitan, Airlangga Hartarto, dan Satgas Covid-19,” lanjutnya.

Bagikan berita ini:
10
8
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar