Melebihi Jawa dan Bali, Pertumbuhan Ekonomi Sulampua Tertinggi di Triwulan III

Jumat, 12 November 2021 09:23
Melebihi Jawa dan Bali, Pertumbuhan Ekonomi Sulampua Tertinggi di Triwulan III

Ilustrasi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Perekonomian Wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua (Sulampua) Masih Mengalami Pertumbuhan Tertinggi Dibandingkan Wilayah Lainnya Pada Triwulan III 2021

Sejalan dengan perlambatan ekonomi nasional, perekonomian wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampua) tumbuh melambat 5,79% (yoy) pada triwulan III 2021, namun di atas pertumbuhan ekonomi nasional yang tumbuh 3,51% (yoy).

Kepala BI Sulsel, Causa Iman Karana mengatakan, pertumbuhan ekonomi Sulampua tercatat paling tinggi dibandingkan wilayah lainnya (Jawa, Kalimantan, Sumatera dan Balinusra).

Menurut Iman, kinerja perekonomian Sulampua utamanya didorong oleh dua Lapangan Usaha (LU) utama. LU Pertambangan tumbuh tinggi 17,71% (yoy), meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya yang tumbuh 16,06% (yoy).

“Angka ini mencerminkan masih positifnya kinerja produksi pertambangan di wilayah Sulampua. Selanjutnya, LU Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan tumbuh 3,83% (yoy), lebih tinggi dari triwulan sebelumnya yang tumbuh 2,52% (yoy). Kinerja positif LU ini turut dipengaruhi oleh panen raya pertanian,”katanya.

Di sisi lain, seiring dengan normalisasi permintaan domestik pasca berlalunya HBKN Idul Fitri, serta adanya pengetatan PPKM di berbagai wilayah, pertumbuhan ekonomi Sulampua pada triwulan III tercatat lebih rendah dibandingkan triwulan sebelumnya yang tumbuh 8,62% (yoy).

Bagikan berita ini:
4
8
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar