Bela Taiwan Hadapi Tiongkok, Australia Siap Gabung dengan Amerika Serikat

Sabtu, 13 November 2021 19:32
Bela Taiwan Hadapi Tiongkok, Australia Siap Gabung dengan Amerika Serikat

Peter Dutton.

FAJAR.CO.ID — Menteri Pertahanan Australia Peter Dutton menyatakan “tidak terbayangkan” bagi Australia untuk tidak bergabung dengan Amerika Serikat jika Washington mengambil tindakan untuk membela Taiwan.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan AS dan sekutunya akan mengambil tindakan yang belum ditentukan jika Tiongkok menggunakan kekuatan untuk mengubah status quo atas Taiwan. “Tidak terbayangkan bahwa kami tidak akan mendukung AS jika AS memutuskan untuk mengambil tindakan itu,” kata Dutton kepada surat kabar The Australian dalam sebuah wawancara.

“Dan, sekali lagi, saya pikir kita harus sangat jujur dan terang-terangan tentang itu, melihat semua fakta dan keadaan tanpa melakukan komitmen awal, dan mungkin ada keadaan di mana kami tidak akan mengambil opsi itu,” ujarnya.

Militer Tiongkok mengatakan pada Selasa (9/11/2021) bahwa mereka melakukan patroli kesiapan tempur ke arah Selat Taiwan, setelah kementerian pertahanannya mengutuk kunjungan delegasi Kongres AS ke pulau yang diatur secara demokratis yang diklaim oleh Beijing.

“(Tiongkok) sudah sangat jelas tentang niat mereka untuk pergi ke Taiwan dan kami perlu memastikan bahwa ada tingkat kesiapsiagaan yang tinggi, rasa pencegahan yang lebih besar dengan kemampuan kami, dan itulah saya pikir cara kami menempatkan negara kami di posisi yang kuat,” kata Dutton.

Bagikan berita ini:
4
3
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar