Dugaan Luhut Panjaitan dan Erick Thohir Terlubat Bisnis Tes PCR, Mahfud MD Jelaskan Ini

Minggu, 14 November 2021 18:08
Dugaan Luhut Panjaitan dan Erick Thohir Terlubat Bisnis Tes PCR, Mahfud MD Jelaskan Ini

Menko Polhukam, Mahfud MD, saat berada di Makassar. (Twitter)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Dugaan keterlibatan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri BUMN Erick Thohir dalam bisnis tes PCR, hingga kini masih ramai diperbincangkan. Menkopolhukam Mahfud MD menbela keduanya. Masyarakat pun diberi kesempatan untuk ikut mengawal dan mengkritisinya.

“Pengadaan tes PCR sejatinya muncul saat Indonesia sedang panik menangani virus COVID-19. Kontroversi penanganan COVID-19 di Indonesia muncul sejak pemerintah mengeluarkan Perppu Nomor 1 tahun 2020. Menurut hukum keuangan, pemerintah bisa dianggap melanggar UU jika belanja APBN mengalami defisit anggaran lebih dari tiga persen dari PDB. Nah, waktu itu untuk menanggulangi COVID-19 diperkirakan akan terjadi defisit lebih dari tiga persen. Sehingga untuk melakukan tindakan cepat, pemerintah membuat perppu,” ujar Mahfud dalam diskusi virtual di Jakarta, Minggu (14/11).

Selanjutnya, DPR menyetujui Perppu tersebut menjadi Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2020. Mahkamah Konstitusi (MK) juga memperkuat frasa di Pasal 27 ayat (2) ke Pasal 27 ayat (1) dan ayat (3).

Bagikan berita ini:
8
1
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar