Ajang WSBK di Sirkuit Mandalika, BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Triwulan IV NTB akan Tumbuh hingga 5,81 Persen

Senin, 15 November 2021 10:22
Ajang WSBK di Sirkuit Mandalika, BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Triwulan IV NTB akan Tumbuh hingga 5,81 Persen

Lintasan sirkuit Mandalika diabadikan dari udara. Foto: ANTARA/HO

FAJAR.CO.ID, MATARAM – Ajang balap jet darat World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika 19 – 21 November menjadi daya ungkit pertumbuhan ekonomi Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Bank Indonesia (BI) memprediksi ekonomi NTB pada triwulan IV 2021 akan tumbuh di kisaran 5,01 – 5,81 persen (yoy).

Kepala Perwakilan BI Provinsi NTB Heru Saptaji mengatakan, ajang WSBK mempengaruhi pertumbuhan ekonomi karena multiefek ekonomi dari event besar internasional tersebut.

Baik di sektor pariwisata, transportasi hingga pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Faktor lain yang ikut membantu adalah terjaganya inflasi yang terkendali dengan baik serta stabilitas sistem keuangan yang terjaga.“Pemicu lainnya adalah membaiknya pengendalian covid-19 melalui pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan progres vaksinasi yang agresif,” ujar Heru Saptaji.

Hal itu dibuktikan dengan capaian vaksinasi dosis pertama sebesar 61,95 persen dan dosis kedua sebesar 27,42 persen. Bahkan, dosis pertama di Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Tengah berada di kisaran 70-96 persen.

Bagikan berita ini:
5
1
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar