Kilang Minyak Pertamina Cilacap Terbakar, Luhut Panjaitan Beber Kemungkinan Ini

Senin, 15 November 2021 15:47
Kilang Minyak Pertamina Cilacap Terbakar, Luhut Panjaitan Beber Kemungkinan Ini

Luhut Binsar Pandjaitan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menduga kebakaran tangki kilang minyak Cilacap, Jawa Tengah dikarenakan badai petir. Kilatan tersebut menyambar hingga memicu api muncul.

“Itu karena kemungkinan besar karena thunderstorm yang begitu luar biasa,” kata Luhut di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (15/11).

Luhut memastikan, Pertamina telah bergerak untuk menangani kebakaran ini. Dia menyebut akan ada evaluasi akibat peristiwa ini. Pasalnya, kebakaran kilang minyak di Cilacap sudah terjadi 2 kali sepanjang 2021. Peristiwa pertama terjadi pada Juni 2021 lalu.

“Iya dulu kan yang di sini kan yang di Jakarta, satu lagi disana tapi saya kira Pertamina cepat sekali menanganinya,” jelasnya.

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) membenarkan telah terjadi kebakaran di satu tangki yang terdapat di area Kilang Cilacap. Peristiwa terjadi pada Sabtu (13/11) sekitar pukul 19.30 WIB dan penyebab kebakaran belum diketahui.

Kilang Cilacap merupakan satu di antara enam kilang Pertamina dengan kapasitas pengolahan 270 ribu barel per hari. Kilang itu memiliki sekitar 200 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas, serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.

Bagikan berita ini:
9
3
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar