Mengirim Foto Bernuansa Seksual Melanggar Permendikbusristek 30/2021, Pengamat Sebut Tak Bisa Ditindak

Senin, 15 November 2021 22:33
Mengirim Foto Bernuansa Seksual Melanggar Permendikbusristek 30/2021, Pengamat Sebut Tak Bisa Ditindak

Abdul Saman

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Di dalam Permendikbud ristek Nomor 30 Tahun 2021 tentang kekerasan seksual di lingkungan kampus, terdapat larangan mengirim gambar bernuansa seksual. 

Dalam Pasal 5 ayat 2 e, disebutkan mengirimkan pesan, lelucon, gambar, foto, audio, dan/atau video bernuansa seksual kepada korban meskipun sudah dilarang korban. 

Hal ini kerap terjadi di sejumlah grup media sosial. Pengamat Pendidikan, Abdul Saman, mengatakan, hal itu bersifat pribadi. Tidak bisa ditindak dalam proses hukum. 

“Sebetulnya itu juga memang, kan biasanya yang begitu itu konsumsi-konsumsi pribadi. Jadi untuk kepentingan publik dan hukum, ya tidak boleh, tidak bisa ada hal-hal yang seperti itu,” katanya kepada Fajar.co.id, Senin (15/11/2021). 

Namun kendati ia tak ingin hal itu terjadi. Permendikbudristek Nomor 30 tahun 2021 hadir untuk menjawab masalah kekerasan seksual di lingkungan kampus. 

“Misal saya dari pakar pendidikan, ya tentu hal seperti itu tidak mendidik. Jadi memang sejatinya tidak terjadi di lingkungan kampus hal yang seperti itu,” jelasnya via telepon. 

Bagikan berita ini:
8
5
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar