NASA Lacak Asteroid Besar Setara Gedung Tertinggi Bergerak Menuju Bumi

Senin, 15 November 2021 09:35
NASA Lacak Asteroid Besar Setara Gedung Tertinggi Bergerak Menuju Bumi

Asteroid yang tertangkap kamera NASA. Foto: NASA/Antara

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Asteroid besar dengan ukuran sebanding dengan gedung tertinggi di Bumi, sedang menuju planet ini pada pertengahan Desember, seperti yang dicatat oleh pelacak asteroid NASA.

Disebut sebagai 163899 (2003 SD220), asteroid besar ini memiliki diameter sekitar 791 meter, hampir setengah mil panjangnya. Ini hampir seukuran Burj Khalifa di Dubai, bangunan buatan manusia tertinggi di Bumi.

Namun, pengamatan yang dilakukan pada tahun 2015 oleh Observatorium Arecibo di Puerto Rico menunjukkan bahwa itu bisa jauh lebih besar, setidaknya 2 kilometer panjangnya, dengan pengamat membandingkan bentuknya seperti ubi jalar.

NASA kemudian datang dengan pengukuran yang berbeda, sekitar 1,6 kilometer, dan membandingkan bentuknya dengan kuda nil. Namun, b saat ini menempatkan asteroid pada diameter 791 meter, demikian mengutip Jersalem Post, Senin.

Asteroid itu akan terbang melewati Bumi pada 17 Desember dalam jarak sekitar 5,4 juta kilometer dari planet dengan kecepatan 5,6 km/detik. Sebagai perbandingan, jarak antara Bumi dan Bulan jauh lebih dekat dari itu–sekitar 385.000 km.

Bagikan berita ini:
7
7
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar