Setop Bayar Utang Pinjol Ilegal!

Senin, 15 November 2021 13:18
Setop Bayar Utang Pinjol Ilegal!

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Pemerintah meminta masyarakat yang terjerat pinjaman online (pinjol) ilegal agar tak lagi membayar tunggakan utang beserta bunganya. Jika mendapatkan ancaman, segera laporkan ke polisi.

Satgas Waspada Investasi (SWI) pun ikut mendukung imbauan tersebut demi memberantas entitas pinjol ilegal yang selama ini meresahkan.

“Tindakan tegas terhadap pelaku tindak pidana pinjol ilegal ini harus terus dilakukan untuk melindungi masyarakat,” tegas Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L. Tobing dalam keterangan pers yang terima FAJAR, Senin (15/11/2021).

SWI mendukung penuh pernyataan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI, Mahfud MD yang menyatakan bahwa perjanjian pinjol ilegal dalam beroperasi dinyatakan tidak sah dan tidak memenuhi syarat perjanjian yang benar.

Selain perjanjian yang tidak sah di mata hukum Indonesia, kehadiran pinjol ilegal juga dinilai melanggar karena melakukan pemerasan sebagaimana diatur dalam Pasal 368 KUHP dan perbuatan tidak menyenangkan Pasal 335, dan juga pelanggaran UU ITE dan perlindungan konsumen.

SWI kata dia, akan terus berupaya memberantas pinjol ilegal ini dengan cara, mengumumkan entitas injol ilegal kepada masyarakat, mengajukan blokir website dan aplikasi secara rutin kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. “Kami juga akan terus berupaya memutus akses keuangan dari pinjol ilegal,” imbuhnya.

Bagikan berita ini:
1
2
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar