Erick Thohir Sebut BUMN Boros Modal

Selasa, 16 November 2021 22:23
Erick Thohir Sebut BUMN Boros Modal

Erick Thohir

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memperkirakan laba bersih BUMN tahun ini mencapai Rp40 triliun. Sebab, hingga semester pertama atau pertengahan tahun ini laba BUMN telah mencapai Rp26 triliun.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, laba pada semester pertama tahun ini sudah jauh di atas perolehan 2020 yang sebesar Rp 13 triliun. Laba bersih tersebut diperoleh dari pendapatan BUMN yang sebesar Rp1.900 triliun.

“Kalau kita lihat laba bersih BUMN itu sudah lebih bagus. Tahun 2020 konsolidasi itu Rp13 triliun, full year,” kata Menteri BUMN Erick Thohir secara virtual, Selasa (16/11).

Menurutnya, perkiraan laba BUMN yang sebesar Rp40 triliun tersebut dinilai masih kecil. Sebab, masih ada pemborosan di belanja modal atau capital expenditure (capex).

“Saya bekas swasta, dari Rp1.900 triliun, bottom line Rp40 triliun, itu laba bersih sangat amat kecil. Berarti ada pemborosan yang luar biasa di tengah, di capex,” ucapnya.

Erick menambahkan, sumber daya manusia (SDM) atau human capital menjadi kunci dalam pembangunan BUMN. Sebab, saat ini industri telah memasuki era digitalisasi. Sehingga, mau tak mau semua harus lebih efisien.

Bagikan berita ini:
3
3
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar