Jumlah Pengusaha Indonesia Masih Jauh dari Harapan, Disebut-sebut Faktor Budaya

Rabu, 17 November 2021 21:21
Jumlah Pengusaha Indonesia Masih Jauh dari Harapan, Disebut-sebut Faktor Budaya

Ilustrasi. (int)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Jumlah pengusaha di Indonesia rupanya masih tertinggal dari negara-negara tetangga di Asia Tenggara. Seperti Malaysia dan Thailand.

Informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, jumlah pengusaha di Indonesia baru mencapai 3,4 persen. Sementara Malaysia dan Thailand sudah mencapai 4,7 dan 4,2 persen.

Keberadaan pemuda di Indonesia pun diharapkan jadi penyumbang jumlah pengusaha baru di Indonesia, dan membantu pemerintah menciptakan lapangan kerja dan perputaran uang.

Direktur Kampus Jakarta SBM ITB, Yudo Anggoro, mengakui ketertinggalan itu. Dia bilang, ada faktor budaya yang turun temurun sehingga pemuda saat ini lebih cenderung menjadi pegawai yang memiliki pendapatan yang stabil daripada pengusaha.

“Kita masih tertinggal karena mungkin faktor budaya ya. Kita masih sangat tertinggal karena faktor budaya. Orang tua saya juga pegawai negeri yang stabil,” katanya, dalam diskusi virtual Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan (GWPP) belum lama ini.

Salah satu alasan pemuda lebih memilih jadi pegawai dibanding jadi pengusaha karena tidak mau menghadapi masalah. Khususnya di keuangan. Seharusnya, kata Yudo, masalah itu dihadapi. Bukan dihindari.

Bagikan berita ini:
1
3
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar