Masuk Musim Hujan, BMKG Sulsel Peringatkan Cuaca Ekstrem di Daerah Ini

Kamis, 18 November 2021 15:59
Masuk Musim Hujan, BMKG Sulsel Peringatkan Cuaca Ekstrem di Daerah Ini

Ilustrasi: Pixabay

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — BMKG Sulsel peringatkan masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang akan melanda beberapa daerah di Sulsel dalam musim penghujan ini. Terutama bencana Hidrometeorologi.

Mengutip dari konservasidas.fkt.ugm.ac.id, bencana Hidrometeorologi adalah sebuah bencana yang diakibatkan oleh parameter-parameter meteorologi. Seperti curah hujan, kelembapan, temperatur, dan angin.

Banyak bencana yang termasuk ke dalam bencana hidrometeorologi, antara lain kekeringan, banjir, badai, kebakaran hutan, el nino, la nina, longsor dan berbagai bencana lainnya.

Salah satu penyebab dari maraknya bencana hidrometeorologi adalah perubahan cuaca yang didiukung dengan kerusakan lingkungan yang semakin masif.

Prakirawan BMKG Sulsel, Agus mengatakan, cuaca ekstrim akan berpotensi terjadi saat memasuki puncak musim hujan. Puncak musim hujan sendiri diperkirakan akan masuk pada Desember, Januari, dan Februari.

“Potensi cuaca ekstrim akan lebih banyak terjadi di puncak musim hujan. Yaitu di bulan Desember, Januari dan Februari,” katanya kemarin.

Di puncak musim hujan ini juga perlu diwaspadai adanya ancaman bencana hidrometeorologi. Agus menambahkan jika beberapa potensi bencana seperti banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung bisa saja terjadi di Sulsel.

Bagikan berita ini:
5
1
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar