AS Sedang Hadapi Inflasi Tinggi, Sri Mulyani: Sesuatu yang Harus Kita Waspadai

Jumat, 19 November 2021 14:56
AS Sedang Hadapi Inflasi Tinggi, Sri Mulyani: Sesuatu yang Harus Kita Waspadai

Menteri Keuangan Sri Mulyani (dok Kemenkeu)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus memantau perkembangan ekonomi global. Dalam hal ini kondisi perekonomian Amerika Serikat (AS) karena sedang terjadi inflasi yang naik secara signifikan. Sebab, nantinya akan terlahir kebijakan yang memengaruhi dunia termasuk Indonesia.

Sri Mulyani memaparkan, negara paman Sam tersebut saat ini sedang menghadapi inflasi tinggi di atas 6 persen. Bahkan, angka tersebut menjadi angka tertinggi sepanjang 30 tahun terakhir. Nantinya, kondisi tersebut akan mempengaruhi kebijakan moneter dari Bank Sentral AS, yaitu Federal Reserve (The Fed).

“Sesuatu yang harus kita waspadai karena dengan inflasi 6 persen jauh di atas reference rate-nya inflasi di Amerika yang harusnya 2 persen, ini pasti akan menimbulkan dampak yaitu pengetatan moneter tahun-tahun depan,” kata Sri Mulyani dalam acara Kick Off Sosialisasi Undang-undang HPP, Jumat (19/11).

Jika bank sentral mengeluarkan kebijakan moderat dalam menstabilkan ekonomi negaranya, maka akan berdampak pada seluruh negara didunia. “Mereka pasti akan dipaksa menginjak rem, kalau Amerika ngerem, seluruh dunia ikut terguncang,” tuturnya.

Bagikan berita ini:
7
5
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar