Politisi PDIP Minta Penegak Hukum Tidak Di-OTT, ICW Beri Komentar Pedas

Jumat, 19 November 2021 17:47
Politisi PDIP Minta Penegak Hukum Tidak Di-OTT, ICW Beri Komentar Pedas

Arteria Dahlan. Foto: Ricardo/JPNN.com

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Indonesia Corruption Watch (ICW) menanggapi pernyataan politikus PDI Perjuangan, Arteria Dahlan yang menyarankan agar polisi, hakim, dan jaksa untuk tidak di-operasi tangkap tangan (OTT).

Peneliti ICW Kurnia Ramadhana menilai, pemikiran Arteria Dahlan tidak disertai dengan dasar hukum yang kuat.

“ICW melihat ada yang bengkok dalam logika berpikir Arteria Dahlan terkait dengan OTT aparat penegak hukum. Selain bengkok, pernyataan anggota DPR RI Fraksi PDIP itu juga tidak disertai argumentasi yang kuat,” kata Kurnia dalam keterangannya, Jumat (19/11/2021).

Menurut Kurnia, Arteria tidak memahami bahwa filosofi dasar penegakan hukum adalah equality before the law. Ini mengartikan, siapa saja sama di muka hukum, sekali pun mereka adalah aparat penegak hukum.

“Arteria mengatakan OTT kerap kali menimbulkan kegaduhann, pernyataan semacam ini sulit dipahami. Sebab, kegaduhan itu timbul bukan karena penegak hukum melakukan OTT, melainkan faktor eksternal, misalnya tingkah laku dari tersangka atau kelompok tertentu yang berupaya mengganggu atau menghambat penegakan hukum,” ungkap Kurnia.

Bagikan berita ini:
10
9
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar