Vaksin Covovax Asal India Miliki Kemanjuran hingga 90,4 Persen, BPOM Berikan Izin Penggunaan

Jumat, 19 November 2021 14:46
Vaksin Covovax Asal India Miliki Kemanjuran hingga 90,4 Persen, BPOM Berikan Izin Penggunaan

Vaksin Covid-19 Moderna. Swedia akan menghentikan penggunaan vaksin Covid-19 Moderna bagi warga kelahiran 1991 ke atas. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Vaksin Covovax resmi diizinkan menjadi vaksin Covid-19 ke-11 yang dapat digunakan di Indonesia setelah resmi memperoleh Izin Penggunaan Darurat/Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Vaksin ini berasal dan diproduksi di India.

Vaksin Covovax merupakan vaksin dengan teknologi platform rekombinan protein subunit glikoprotein spike menggunakan vaksin adjuvant Matrix-M1. Vaksin Covovax diproduksi oleh Serum Institute of India Pvt. Ltd., India (SII). Evaluasi aspek keamanan, imunogenisitas, dan efikasi Vaksin Covovax mengacu pada data uji pre-klinik dan uji klinik yang dilakukan di Australia, Amerika Serikat, Meksiko, Inggris (United Kingdom/UK), dan Afrika Selatan.

Untuk memastikan khasiat dan keamanan Vaksin Covovax telah memenuhi persyaratan evaluasi vaksin yang dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO). SII juga telah melakukan uji klinik fase 2/3 di India.

Sesuai persyaratan EUA, BPOM telah melakukan evaluasi terhadap aspek keamanan, khasiat, dan mutu yang mengacu pada standar evaluasi vaksin Covid-19. Baik standar nasional maupun internasional, serta evaluasi terhadap pemenuhan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) pada fasilitas produksi Vaksin Covovax di India.

Bagikan berita ini:
8
9
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar