Jawab Polemik, MenpanRB: ASN Tidak Termasuk Kriteria Penerima Bantuan Sosial

Sabtu, 20 November 2021 18:14
Jawab Polemik, MenpanRB: ASN Tidak Termasuk Kriteria Penerima Bantuan Sosial

Tjahjo Kumolo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Aparatur Sipil Negara (ASN) Tidak masuk kategori penerima bantuan sosial (bansos). Pasalnya, ASN merupakan pegawai pemerintah yang memiliki penghasilan tetap.

Itu disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo, Sabtu (20/11/2021).

“Oleh karena itu, pegawai ASN tidak termasuk dalam kriteria penyelenggaraan kesejahteraan sosial,” ujar Menteri Tjahjo, di Jakarta.

Sebelumnya, Menteri Sosial Tri Rismaharini menemukan data 31.624 ASN yang menerima bantuan pemerintah. Data tersebut ditemukan ketika Kementerian Sosial melakukan pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Berdasarkan Peraturan Presiden No. 63/2017, tentang Penyaluran Bantuan Sosial secara Non Tunai, disebutkan bahwa Penerima Bantuan Sosial adalah seseorang, keluarga, kelompok atau masyarakat miskin, tidak mampu, dan/atau rentan terhadap risiko sosial.

Lebih lanjut, dalam Pasal 2 Peraturan Pemerintah No.39/2012 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial, diprioritaskan kepada mereka yang memiliki kehidupan yang tidak layak.

dan yang memiliki kriteria masalah sosial, seperti kemiskinan, ketelantaran, kecacatan, keterpencilan, ketunaan sosial dan penyimpangan perilaku, korban bencana; dan/atau korban tindak kekerasan, eksploitasi, dan diskriminasi. (Riki/Fajar)

Bagikan berita ini:
10
6
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar