Kasus Mafia Tanah yang Dialami Nirina Zubir, BPN Komentar Begini

Senin, 22 November 2021 15:05
Kasus Mafia Tanah yang Dialami Nirina Zubir, BPN Komentar Begini

Nirina Zubir dan Suaminya

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Direktur Jenderal (Dirjen) Penanganan Sengketa dan Konflik Pertanahan (PSKP) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), R.B Agus Widjayanto Menanggapi kasus balik nama sertifikat tanah yang menimpa artis Nirina Zubir.

Menurut Agus, tidak mudah bagi BPN untuk mencegah kasus balik nama sertifikat sepihak yang dialami Nirina. “Perlu juga dari pemilik tanahnya melakukan upaya-upaya pencegahan, misalnya akan berikan kuasa, pelajari dulu dokumen surat kuasanya yang dibuat, serta jangan mudah menyerahkan sertifikat kepada orang lain,” ujar Agus dalam Program Berita Utama Kompas, Jumat (19/11).

Agus mengungkapkan kasus balik nama sertifikat tanah ini perlu dilihat apakah terdapat cacat administrasi karena tidak melalui prosedur.

Dia mengatakan jika dalam proses jual beli dilakukan oleh orang-orang yang tidak mempunyai kewenangan, maka dapat disebut cacat hukum. “Jual beli sehingga disebut cacat hukum atau yuridis ini bisa kita batalkan. Namun, untuk bisa kita kembalikan keadaan semula, BPN akan meneliti apakah benar ada cacat di dalam administrasinya. Inilah yang sedang dibuktikan oleh kepolisian,” kata Agus.

Bagikan berita ini:
4
6
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar