Kecam Kejahatan Seksual, Rumah Keluarga Indonesia PKS Edukasi Masyarakat

Senin, 22 November 2021 08:59
Kecam Kejahatan Seksual, Rumah Keluarga Indonesia PKS Edukasi Masyarakat

Anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati. (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengecam perilaku kejahatan seksual. Karena itu, pihaknya menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Konsultan Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Tingkat Lanjut dalam menghadapi kasus kejahatan seksual yang makin marak terjadi di masyarakat.

Ketua DPP PKS Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga, Kurniasih Mufidayati mengatakan, RKI PKS telah melakukan edukasi dan menerima laporan serta menangani sejumlah kasus kejahatan seksual, termasuk kasus dalam rumah tangga. Menurutnya, RKI yang berdiri sejak 2006 sudah tersebar di 34 provinsi seluruh Indonesia.

“Memiliki 2.000 konsultan yang bertugas memberikan edukasi kepada masyarakat dan menerima layanan konsultasi termasuk pendampingan dan fasilitasi kepada korban kejahatan seksual,” kata Mufida dalam keterangannya, Minggu (21/11).

Mufida menyebut, beberapa kasus yang pernah ditangani konsultan RKI adalah kasus pemerkosaan, pelecehan seksual, pencabulan anak, KDRT dan sebagainya. Dia tak memungkiri, secara umum dampak trauma bagi korban tidak mudah untuk dilakukan proses healingnya, bahkan bisa mengancam kesehatan mental jangka panjang.

Bagikan berita ini:
5
1
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar