Mampu Mereduksi Banjir Hingga 49 Persen, Plt Gubernur Harap Bendungan Karalloe Kurangi Dampak Banjir

Selasa, 23 November 2021 20:34
Mampu Mereduksi Banjir Hingga 49 Persen, Plt Gubernur Harap Bendungan Karalloe Kurangi Dampak Banjir

IST

FAJAR.CO.ID, GOWA — Hadirnya Bendungan Karalloe yang berada di Kabupaten Gowa tidak hanya mampu mengairi 7 ribu hektar lahan pertanian di Kabupaten Jeneponto. Rupanya juga mampu reduksi banjir hingga 49,12%.

Bendungan yang terletak di dua desa yakni Desa Garing Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa dan Desa Taring Kecamatan Biringbulu, Kabupaten Gowa yang berlokasi 137 km arah tenggara kota Makassar ini baru saja diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, Selasa 23 November 2021.

Jokowi didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Turut hadir pula Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Bupati Gowa, dan Bupati Jeneponto.

Presiden RI, Joko Widodo menyampaikan, Bendungan Karalloe ini mampu mengurangi dampak banjir.

“Bendungan ini mengurangi banjir di Jeneponto sebesar 49%. Kita ingat tahun 2019 di Jeneponto terjadi banjir besar. Ini dengan adanya bendungan Karalloe akan bisa dikurangi 49 persen banjir yang ada. Ini juga akan memberikan dampak yang baik. Karena airnya dimanage dari bendungan Karraloe ini dan pemanfaatan bagi pembangkit listrik, air baku yang semuanya nanti diperuntukan bagi masyarakat,” jelasnya.

Bagikan berita ini:
7
5
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar