Akselerasi Transformasi Digital yang Inovatif, Perlu Sinergi Lintas Sektor dan Stakeholder

Rabu, 24 November 2021 21:41
Akselerasi Transformasi Digital yang Inovatif, Perlu Sinergi Lintas Sektor dan Stakeholder

IST

FAJAR.CO.ID — Saat ini, teknologi digital sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Adanya pandemi Covid-19 telah mendorong akselerasi adopsi teknologi digital pada berbagai lini aktivitas masyarakat. Hal tersebut menjadikan ekonomi digital tampil sebagai kekuatan baru perekonomian nasional.

Dalam acara AMSI IDC dengan tajuk Lompatan Digital: Inovasi dan Akselerasi, yang dilakukan secara virtual, Kamis (24/11), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang pada kesempatan tersebut mewakili Bapak Presiden Joko Widodo menyampaikan selamat kepada Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) atas penyelenggaraan berbagai kegiatan dalam Road to Indonesia Digital Conference (IDC) 2021 sejak 15 November lalu, hingga hari ini yang merupakan puncak acara dari IDC 2021.

Pada tahun 2020 lalu, nilai ekonomi digital Indonesia menjadi yang tertinggi di ASEAN dengan nilai sebesar USD 47 miliar, dan tahun ini diprediksi dapat mencapai USD 70 miliar dengan tingkat pertumbuhan 49%.

Oleh karena itu, peluang ekonomi digital Indonesia masih terbuka lebar, didukung oleh total penduduk terbesar ke-4 di dunia, yang sebagian besar berada dalam usia produktif. Tingkat penetrasi internet juga mencapai 76,8% dengan pengguna internet pada tahun ini tercatat sebanyak 202,6 juta orang atau mengalami peningkatan sebesar 11% dari tahun 2020 lalu.

Bagikan berita ini:
4
4
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar