Bupati Intan Jaya Mengaku Komunikasi dengan Kelompok Teroris KKB, Perlu Kesabaran Ekstra

Rabu, 24 November 2021 09:07
Bupati Intan Jaya Mengaku Komunikasi dengan Kelompok Teroris KKB, Perlu Kesabaran Ekstra

Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni. Foto: ANTARA/Evarukdijati

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni mengaku pihaknya terus berupaya melakukan pendekatan dengan kelompok KKB atau TPN – OPM yang selama ini sering terlibat konflik bersenjata dengan TNI-Polri.

Dia mengaku sudah berkomunikasi dengan kelompok KKB Papua tetapi butuh kesabaran ekstra agar membuahkan hasil.

“Komunikasi sudah kami lakukan berkali-kali, pakai pendekatan kultural, kekeluargaan, melalui gereja, tokoh masyarakat kampung, lembaga DPRD Intan Jaya. Semua kami lakukan,” kata,” ungkap Natalis kepada wartawan, Selasa (23/11).

“Perlu kesabaran ekstra untuk benar-benar bisa membangun kesadaran dan persepsi yang sama dengan saudara-saudara kita ini.”

Menurut Natalis, saat ini kelompok TPN-OPM terpecah ke dalam beberapa kelompok yang masing-masing ingin menunjukkan eksistensi diri mereka. Dia menyebut ada kelompok Sabinus Waker yang memang sudah eksis sejak dulu tetapi juga ada kelompok-kelompok baru yang baru keluar dari Paniai dan Puncak, Puncak Jaya.

“Kalau grup Sabinus Waker itu, sudah lama kami dekati dan mereka memang menepati janji untuk berhenti perang,” ujar Natalis Tabuni.

Bagikan berita ini:
6
5
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar