Didampingi Airlangga, Jokowi Berharap Petani di Sulsel Naik Kelas dan Stok Jagung Nasional Tercukupi

Rabu, 24 November 2021 09:56
Didampingi Airlangga, Jokowi Berharap Petani di Sulsel Naik Kelas dan Stok Jagung Nasional Tercukupi

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dampingi Presiden Jokowi resmikan Bendungan Karalloe, Gowa, Sulsel, Selasa (23/11/2021). (foto: Setkab)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meresmikan Bendungan Karalloe di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (23/11/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi membuka tuas pintu air sekaligus menandatangani prasasti sebagai tanda diresmikannya Bendungan Karalloe.

“Bendungan Karalloe yang dibangun menghabiskan anggaran Rp 1,27 triliun hari ini Alhamdulillah telah selesai dan siap untuk kita resmikan,” ujar Jokowi dalam peresmian tersebut.

Hadirnya bendungan ini banyak memberikan manfaat bagi masyarakat di Kabupaten Gowa dan Jeneponto.

Airlangga menjelaskan, Bendungan Karalloe ini memiliki kapasitas 40,53 juta meter kubik yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di Kabupaten Jeneponto dan Kabupaten Gowa sebagai suplai air irigasi untuk pertanian, air baku, hingga mengatasi banjir (reduksi banjir).

“Bapak Presiden juga menyampaikan bahwa Bendungan Karalloe ini mampu mengairi hingga 7 ribu hektare lahan pertanian dan diharapkan dapat meningkatkan intensitas masa panen sekaligus kesejahteraan petani,” papar Airlangga.

Bendungan Karalloe memiliki luas genangan 145 hektar, yang mampu menampung 40 meter kubik air.

Bagikan berita ini:
8
4
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar