Gadis Melamar Lelaki Seperti Peristiwa di Pinrang Dibolehkan dalam Islam, Tetapi…

Rabu, 24 November 2021 17:57
Gadis Melamar Lelaki Seperti Peristiwa di Pinrang Dibolehkan dalam Islam, Tetapi…

Asmirah, orangtua calon mempelai parempuan yang melamar laki-laki dengan uang panaik Rp500 juta.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Lamaran seorang gadis kepada seorang pria di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel) dianggap jarang terjadi. Karena basanya, mempelai prialah yang melamar wanita.

Lantas, bagaimana hukumnya dalam Islam, Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel, Muammar Bakry, tidak mempermasalahkan pernikahan di Kabupaten Pinrang itu.

Artinya, bila seorang gadis yang melamar seorang pria, itu dibolehkan. Namun tetap mempelai pria juga harus menyiapkan mahar untuk gadis yang melamar dirinya.

“Tradisi fikih itu laki-laki yang menyiapkan mahar. Tradisi budaya, Laki-laki yang menyiapkan mahar dan bukan uang panaik,” katanya kepada jurnalis Fajar.co.id, Rabu (24/11/2021).

“Tapi kalau perempuan itu mau berhati baik menyiapkan maharnya karena mungkin dia kaya, itu tidak masalah tapi tetap laki-laki itu harus menyiapkan mahar (walau sedikit) juga sebagai simbol saja,” sambung Muammar via telepon.

Islam pun tidak membatasi jumlah mahar yang disiapkan. Baik dari mempelai pria maupun wanita. Semuanya tergantung dari kemampuan masing-masing.

Bagikan berita ini:
7
6
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar