Akademisi UNM Dukung Amandemen Ke-5 UUD 1945 Tawaran DPD RI

Kamis, 25 November 2021 21:40
Akademisi UNM Dukung Amandemen Ke-5 UUD 1945 Tawaran DPD RI

Ilustrasi. (Hendra Eka/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Rencana amandemen kelima UUD 1945 yang digagas DPD RI mendapat dukungan akademisi Universitas Negeri Makassar (UNM).

WR 1 UNM, Prof Haris Naswawi, mengatakan, amandemen perlu dilakukan karena dalam dinamika kehidupan yang berbangsa dan bernegara terus mengalami dialektik.

Amandemen kata dia, merupakan keharusan baik secara normatif maupun factual, sebagai formulasi negara hukum yang senanstiasa harus adapftif, sebagai formulasi negara kesejahteraan yang terus mengalami perkembangan dan Haluan negara urgent untuk di hadirkan menjadi arah pelaksanaan pembangunan nasional, sekaligus menjawab tantang zaman.

Dirinya juga menyinggung terkait penguatan sistem Presidensial, terkait dengan dengan pemilihan presiden dan wakil presiden yang didukung oleh partai partai politik dan gabungan parta politik, ini perlu juga memunculkan alternatif dalam proses pemilihan presiden dan wakil presiden melalui perseorangan.

“Hal ini menarik sekali apa yang di sampaikan oleh Tamsil Linrung, wacana ini kami sangat mendukung bila wacana ini muncul, agar ada keseimbangan dalam proses pemilihan melalui partai politik atau melalui perseorangan,” ujarnya.

Bagikan berita ini:
6
4
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar