Dukung Pemilu Bulan Februari 2024, Ini Alasan Direktur MeanPoll Research

Kamis, 25 November 2021 09:51
Dukung Pemilu Bulan Februari 2024, Ini Alasan Direktur MeanPoll Research

Direktur MeanPoll Research, Nurmal Idrus

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Perdebatan mengenai kapan jadwal pasti pelaksanaan Pemilu 2024 masih terus bergulir. Tarik ulur antara DPR, Pemerintah dan KPU, terus berjalan dengan masing – masing pihak bertahan pada keinginannya.

Padahal sebenarnya, UU No 7 Tahun 2017 yang mengatur tentang Pemilu sudah jelas menggarisbawahi bahwa KPU adalah satu – satunya lembaga yang berhak menentukan hari, jadwal dan tahapan Pemilu. Campur tangan pemerintah dan DPR menekan KPU membuat semuanya menjadi kacau.

KPU sudah menegaskan akan menggelar Pemilu yang bersamaan dengan Pilpres pada bulan Februari 2024 dan Pilkada di November 2024. Namun adanya keinginan pemerintah yang mendesak Pemilu ke April atau Mei 2024, membuat KPU tak bisa serta merta menetapkan jadwalnya.

Imbasnya, tahapan Pemilu 2024 menuju pada ketidakpastian. Pasalnya, hari H Pemilu akan menjadi patokan KPU untuk memulai tahapan awal.

Direktur MeanPoll Research, Nurmal Idrus mengatakan berdasarkan UU Pemilu, tahapan akan dimulai setidaknya 25 bulan sebelum hari pemungutan suara. Dengan tak adanya jadwal Hari H secara pasti membuat KPU juga tak bisa menentukan awal ‘kick off’.

Bagikan berita ini:
2
2
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar