Dugaan Korupsi Pengadaan Masker Scuba, Disposisi Bupati Mas Sumantri Jadi Pertanyaan

Jumat, 26 November 2021 09:48
Dugaan Korupsi Pengadaan Masker Scuba, Disposisi Bupati Mas Sumantri Jadi Pertanyaan

Eks Kadinsos Karangasem IGB yang menjadi tersangka korupsi pengadaan masker di Karangasem ditahan Rabu (24/11). (Agus Eka Purna Negara/Baliexpress.id)

FAJAR.CO.ID, AMLAPURA – Mantan Bupati IGA Mas Sumatri, tampaknya, tidak bisa lepas tangan dalam kasus korupsi pengadaan 512 ribu masker scuba di Dinas Sosial Karangasem yang merugikan keuangan negara hingga Rp 2,9 miliar.

Berdasar hasil pemeriksaan para tersangka, peran bupati perempuan pertama Bumi Tanah Aron, diungkap gamblang. Fakta tersebut diungkap kuasa hukum para tersangka dari Pos Bantuan Hukum (Posbakum) Pande Gede Jaya Suparta.

Menurut Pande Suparta, selama pemeriksaan, kliennya menyebut peran mantan Bupati Mas Sumatri yang memberikan disposisi kepada Dinas Sosial untuk menjalankan pengadaan masker scuba. Padahal, yang seharusnya mengerjakan proyek tersebut adalah Dinas Kesehatan Karangasem.

“Disebut yang mengusulkan masker bukan Dinas Sosial, disposisi dari bupati saat itu (IGA Mas Sumatri). Mereka (tersangka) sempat mengatakan, yang ambil ini (proyek) seharusnya Dinas Kesehatan. ‘Kok bisa diberikan ke Dinsos. Ini masalah kesehatan. Jadi, ada disposisi. Ini menurut keterangan para tersangka, ya,” ujar Pande Suparta dilansir dari Baliexpress.id.

Penyebutan disposisi Bupati IGA Mas Sumatri ke Dinas Sosial, bukan ke Dinas Kesehatan dibenarkan Kasiintel Kejari Amlapura I Dewa Gede Semaraputra.”Saat diperiksa sebagai saksi, keterangan ini (disposisi bupati) tidak muncul. Jadi itu muncul selama pemeriksaan sebagai tersangka. Ini informasi baru untuk penyidik,” kata Dewa Gede Semaraputra.

Bagikan berita ini:
10
8
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar