ICJR: Iklim Demokrasi di Indonesia Menurun

Jumat, 26 November 2021 15:38
ICJR: Iklim Demokrasi di Indonesia Menurun

Ilustrasi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kebebasan demokrasi di Indonesia kerap berujung pidana. Tidak terkecuali dalam dunia pers.

Salah satunya di Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel). Jurnalis bernama Asrul divonis tiga bulan penjara karena membuat berita dugaan korupsi, yang dianggap mencemarkan nama baik anak Wali Kota Palopo, pada Mei 2019.

Dari situ, Institute for Criminal Justice Reform (ICJR) menilai, vonis yang dijatuhkan kepada jurnalis sekaligus terdakwa Asrul oleh majelis hakim PN Palopo membuktikan bahwa demokrasi di Indonesia tengah mengalami penurunan.

“Proses hukum ini adalah sinyal kuat dari menurunnya iklim demokrasi di Indonesia. Penggunaan pidana pada karya jurnalistik juga mencoreng wajah pemerintahan saat ini, yang semakin terlihat tidak mampu memastikan hadirnya rasa aman bagi kebebasan pers,” tulis keterangan resmi ICJR di unggahan Instagramnya dilihat hari ini, Jumat (26/11/2021).

Menurut ICJR dalam keterangannya itu, sengketa pers bukan merupakan tindak pidana. Sehingga penyelesaiannya dilakukan melalui Dewan Pers.

Hal ini sudah tercantum dalam Peraturan Dewan Pers Nomor 01/Peraturan-DP/VII/2017 dan Putusan Mahkamah Agung Nomor 1608K/Pid/2005.

Bagikan berita ini:
3
10
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar