MK Putuskan UU Ciptaker Inkonstitusional, AHY: Sejalan dengan Pertimbangan Partai Demokrat saat Menolak Pengesahan UU Ini 2020 Silam

Jumat, 26 November 2021 15:54
MK Putuskan UU Ciptaker Inkonstitusional, AHY: Sejalan dengan Pertimbangan Partai Demokrat saat Menolak Pengesahan UU Ini 2020 Silam

Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan bahawa UU Nomor 11/2020 tentang Cipta Kerja adalah inkonstitusional dan bersyarat untuk diperbaiki.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan putusan MK ini sejalan dengan sikap partai berlogo bintang mercy ini yang menolak adanya UU Cipta Kerja tersebut.

“Akhirnya, Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan judicial review UU Nomor 11/ 2020 tentang Cipta Kerja sebagai inkonstitusional secara bersyarat. Putusan MK ini sejalan dengan pertimbangan Partai Demokrat saat menolak pengesahan UU ini, 2020 silam. Demokrat memandang memang ada problem formil dan materiil,” ujar AHY dalam keterangannya, Jumat (26/11).

AHY menambahkan saat UU Cipta Kerja ini tidak memiliki metode yang jelas dalam penggabungan sejumlah aturan. Sehingga dia menilai wajar jika MK memutuskan UU tersebut inkonstitusional.

“Selain memiliki problem keterbukaan publik dalam proses pembahasannya, MK juga nilai UU Cipta Kerja tidak memiliki metode penggabungan (omnibus) yang jelas, apakah pembuatan UU baru ataukah revisi,” katanya.

Bagikan berita ini:
1
6
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar