Jaga Eksistensi Budaya Sulsel, UPT Museum La Lagaligo Gelar Edukasi Bagi Kaum Milenial

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — UPT Museum La Galigo Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Sulsel menggelar seminar pengembangan museum di Hotel D Maleo, Rabu (1/12/2021).

Dengan mengusung tema “Optimalisasi pemanfaatan media dalam meningkatkan kualitas layanan museum”.

Kepala UPT Museum La Galigo, Ernawati Asikin, mengatakan museum berperan penting dalam mendukung eksistensi budaya dan sejarah bangsa. Oleh karena itu kunjungan ke museum diharapkan dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga eksistensi budaya dan sejarah bangsa Indonesia

“Masuknya budaya ke barat-baratan dalam masyarakat akan melunturkan budaya dan sejarah jika tidak memiliki nilai-nilai dasar kebudayaan daerah dan ilmu pengetahuan sejarah bangsa Indonesia,”katanya.

Dirinya menambahkan, sasaran kegiatan adalah generasi muda yang merupakan kaum milenial harus ditanamkan budaya lokal sejak dini. Sehingga kedepan tidak mudah melupakan sejarah sendiri.

“Sehubungan dengan itu UPT museum dan taman Budaya merancang program layanan dan edukasi yang ditujukan bagi masyarakat umum dan generasi muda penyebarluasan informasi mengenai edukasi serta peningkatan eksistensi budaya dan sejarah bangsa seperti penyelenggaraan kegiatan seminar pengembangan museum,”sebutnya.

Kedepan kaun milenial memiliki kemampuan dasar permuseuman peserta dapat meningkatkan rasa cinta kepada budaya dan sejarah bangsa Indonesia.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Sulsel, Muhammad Jufri mengatakan, kaum milenial harus tahu nilai nilai yang terkandung di dalam museum sehingga tidak melupakan sejarah yang ada.

  • Bagikan